Tuesday, June 7, 2016

Alasan Ilmiah Mengapa Harus Menghindari Minum Teh Saat Sahur

Unknown | 1:09 AM
Teh adalah jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi masyarakat dan sebagian orang bahkan sudah terbiasa minum teh setiap hari saat pagi. Saat bulan Ramadhan ini mungkin kebiasaan minum teh tersebut diganti di waktu berbuka puasa dan waktu sahur. Minuman manis seperti teh ini memang bisa membantu meningkatkan energi kamu yang menurun setelah berpuasa seharian, kandungan gula dalam teh inilah yang membantu mengisi energi di tubuh kamu kembali. 

Seperti yang dikutip dari Okezone, dokter spesialis gizi klinik Dr dr Inge Permadi, SpGK menyampaikan bahwa rasa manis dalam minuman teh atau lainnya dapat menaikkan gula darah dengan cepat dan hal ini akan membuat sel yang membutuhkan gula untuk energi segera terisi. 

Teh manis baik dikonsumsi saat berbuka agar membuat gula darah cepat naik. Ini akan memberi bantuan ketika tubuh lemas setelah berpuasa seharian penuh. Namun, ada waktu yang dimana sebaiknya  menghindari minum teh, yaitu saat waktu sahur karena teh mengandung banyak gula sehingga jika anda minum saat sahur, Maka nantinya akan merasa cepat haus karena faktanya, mengonsumsi teh terlalu banyak tidak disarankan saat sahur karena bersifat diurektika yang menyebabkan anda akan sering buang air kecil dan kehilangan cairan selama berpuasa. 



Alasan mengapa sebaiknya Anda harus menghindari minum teh saat sahur pun juga dikarenakan saat meminum teh setelah makan sahur, maka zat gizi yang terkandung dalam makanan yang baru anda makan tersebut akan dinetralisir oleh teh. Sehingga nantinya saat berpuasa tubuh anda akan cepat lemas karena kandungan gizi di tubuh kamu sudah berkurang akibat meminum teh.  

Minum teh saat mau berpuasa kurang dianjurkan karena teh memiliki khasiat yang berkebalikan dengan air putih. Dimana air putih membantu dalam meningkatkan cairan tubuh, namun teh malah kebalikannya yaitu menguras cairan tubuh. Maka dari itu baiknya kalau anda tetap ingin meminum teh saat sahur, maka penggunaan gula pada teh harus dibatasi karena gula yang banyak jika diserap akan dapat membebani kerja insulin. anda tetap harus minum air putih yang banyak agar ibadah puasa anda lebih terjaga. Waktu minum air putih terbaik adalah saat sahur. Disarankan 2 sampai 3 gelas sampai sebelum imsak, kemudian 1-2 gelas saat berbuka dan sampai waktu sebelum tidur cukupi sampai 8 gelas.

No comments:

Post a Comment

Obat Herbal © 2014 | Powered By Blogger

Distributed By Free Blogger Templates | Designed By Windroidclub